Strategi Hubungan Masyarakat dalam Menangani Keluhan Pelanggan di PT. Pelabuhan Indonesia Persero Cabang Tanjung Balai Asahan
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Batubara, B. M. (2013). Hubungan Komunikasi Badan Perwakilan Desa terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), 76–87.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.).
Ginting, R., Purwati, E., Arumsari, N., Pujiastuti, N. S., Kussanti, D. P., Dani, J. A., Syaifullah, J., Suryani, I., Nurcandrani, P. S., & Wardhana, A. (2021). Manajemen Komunikasi Digital Terkini. Penerbit Insania.
Hukom, A. (2014). Hubungan ketenagakerjaan dan perubahan struktur ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat. Udayana University.
Hutagalung, B. N. (2022). Peran Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara dalam Memberikan Perlindungan Hukum atas Kasus Kecelakaan Kerja yang Mengakibatkan Pekerja Meninggal Dunia di PT. Kiat Unggul.
Irawan, S., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2020). Hubungan akreditasi sekolah dan supervisi oleh kepala sekolah dengan kualitas sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 165–174. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.33905
Khadijah, S., & others. (2012). Strategi publik relations dalam membangun citra perusahaan (studi deskriptif membangun hubungan baik dengan media dalam upaya meningkatkan citra perusahaan). Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya, 2(2), 29–40.
Moleong., L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Naziifah, S., & Ekaputri, M. (2024). Komunikasi Interpersonal dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 88–103.
Pangandaheng, F., Maramis, J. B., Saerang, D. P. E., Dotulong, L. O. H., & Soepeno, D. (2022a). Transformasi Digital: Sebuah Tinjauan Literatur Pada Sektor Bisnis Dan Pemerintah. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1106–1115. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41388
Pangandaheng, F., Maramis, J. B., Saerang, D. P. E., Dotulong, L. O. H., & Soepeno, D. (2022b). Transformasi Digital: Sebuah Tinjauan Literatur Pada Sektor Bisnis Dan Pemerintah. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1106–1115. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41388
Putri, M. S. (2021). Manajemen krisis PT Kereta Api Indonesia dalam menangani keluhan pelanggan di masa pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 78–92.
Rahman, F., & Setiawan, T. (2024). Digitalisasi Layanan dalam Manajemen Keluhan. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 10(1), 45–60.
Rahmawati, D., & Rosidah, A. (2023). Efektivitas Sistem Manajemen Keluhan Pelanggan Berbasis Digital di Industri Jasa. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 8(2), 102–118.
Reyhan Mahsa Pratama, & Lestari, R. (2021). Pengaruh Penerapan Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Keunggulan Kompetitif. Bandung Conference Series: Accountancy, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.29313/bcsa.v1i1.29
Shadrina, N. (2024). Strategi Komunikasi dalam Pelayanan Publik di Sektor Kepelabuhanan: Studi Kasus PT Pelindo Persero. Jurnal Administrasi Publik, 12(1), 45–59.
Simanjuntak, M. (2022a). Dinamika Komunikasi dalam Pelayanan Publik Berbasis Digital. Pustaka Setia.
Simanjuntak, M. (2022b). Strategi Komunikasi dalam Menangani Krisis Perusahaan. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tambunan, T. (2024). Dampak Strategi Komunikasi Krisis terhadap Reputasi Perusahaan. Jurnal Komunikasi Korporat, 9(3), 120–135.
Wahyono, W., & others. (2011). Dinamika Fungsi Kepolisian Dan Hubungannya Dengan Program Perpolisian Masyarakat. Perspektif, 16(3), 160–172.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v7i4.2616
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License