Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Toko An Nazla Medan Selayang

Muhammad Husein(1), Adelina Lubis(2),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area

Abstract


Minat pembelian ulang merupakan wujud keinginan pembeli untuk melakukan kunjungan ulang di masa yang akan datang. Pembelian ulang oleh konsumen antara lain didasari pada pertimbangan lengkap tidaknya produk yang ingin dibelinya dan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan penjual produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah kelengkapan produk dan kepercayaan secara parsial dan simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen di Toko An Nazla Medan Selayang. Populasi penelitian adalah konsumen yang sudah pernah atau sudah beberapa kali membeli barang-barang dagangan di Toko An Nazla dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Sampel diambil dengan teknik incidential sampling dan jumlahnya ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 67 orang. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh kelengkapan produk secara positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen di Toko An Nazla Medan Selayang; ada pengaruh kepercayaan secara positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen di Toko An Nazla Medan Selayang; dan ada pengaruh kelengkapan produk dan kepercayaan secara positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen di Toko An Nazla Medan Selayang. Kesimpulan hasil penelitian bahwa secara parsial dan simultan kelengkapan produk dan kepercayaan konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen di Toko An Nazla Medan Selayang.


Keywords


Kelengkapan Produk; Kepercayaan; Minat Beli Ulang

Full Text:

PDF

References


Al., M. et. (2002). The Impact of Initial Consumer Trust on Intention to Transact with a Website: A Trusting Building Model. Jurnal Sistem Strategi Informasi 11.

Aldi, J. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 17–29. https://doi.org/10.30606/hirarki.v1i1.81

Algifari. (2014). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. BPFE UGM.

Amstrong, K. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid I Ed). Erlangga.

Amstrong, K. &. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen (Edisi 14.). Erlangga.

Barnes, J. G. (2003). Secrets of Customer Relationship Management. Andi Offset.

Blackwell, D.R., Paul W.M., & Engels, J. F. (2015). Consumer Behavior. Collage Pub.

Erviandari, F. M. (2017). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Lokasi terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Hasan, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga terhadap Minat Beli Pakaian. Indonesian Indovisi Institute, 1(III), 83–104.

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Pamulang.

Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Pembelian Ulang Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27–34.

Kotler, P & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). PT.INDEKS.

Kusumawati, I. P. . (2013). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP MINAT BELI ( Studi Kasus pada Konsumen Restoran The House Of Raminten Yogyakarta ). 2(2012), 1–9.

Lucas, D.B., & Britt, S. H. (2012). Measuring Advertising Effectiveness. McGrawHill.

Ma’ruf, H. (2016). Pemasaran Ritel. Gramedia Pustaka Utama.

Monica, V. C. S. S. (2018). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Studi Kasus pada Legend Coffe Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Mowen, J.C & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen (D. K. Yahya (ed.)). Erlangga.

Priansa, D. . (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Prianto, D. (2017). SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi, Multivariante. Guva Media.

Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164

Sangadji, E. M. & S. (2016). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertasi: Himpunan Jurnal Penelitian. Andi.

Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS (Pertama). PT Elex Media Komputindo.

Schiffman, L & Kanuk, L. L. (2014). Perilaku Konsumen. Indeks.

Sudjana. (2016). Metode Statistik. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sumarwan, U. (2016). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Thamrin, A. (2013). Manajemen Pemasaran. PT. Rajawali Pers.

Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Rajawali Pers.

Widodo, T. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Among Makarti, 9.

Wijayajaya, R. H., & Astuti, T. S. R. (2018). The Effect of Trust and Brand Image to Repurchase Intention in Online Shopping. KnE Social Sciences, 3(10), 915. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3182




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v8i1.2642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License