Efektivitas ShopeePay sebagai Alat Pengelolaan Keuangan dan Strategi Pemasaran bagi UMKM Makanan
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungin, B. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Fandiyanto, R. A. M. D. D. A.-F. E. P. W. I. A. P. and I. P. (2024). Perkembangan Fintech Dalam Meningkatkan Transaksi Digital UMKM di Indonesia. Journal of Digital Business Research, 1(1), 1526.
Hadinugroho, B., Pendampingan Digitalisasi UMKM di Desa Gaum, M., Bambang Hadinugroho, K., & Raiszhul Firdaus, B. (2023). Pemberdayaan UMKM Digital Tingkat Desa : Pengabdian KKN. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(4), 45–56. https://doi.org/10.59024/jumek.v1i4.217
L.J Moleong. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Moh. Asep Zakariya Ansori, M. Wanri Wahyudin, Neng Ila Nurbaet, Muhamad Rama Isagozi, Siti Azkya Diva, Nadina Amira Zahra, Guslianti Nur, Muhammad Yusuf, & Muhammad Tabroni. (2024). Analisis Literasi Keuangan Penggunaan Fintech Payment Bagi Pelaku Usaha UMKM. Economic Reviews Journal, 3(1), 210–225. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i1.130
Novita, D., Harini, D., Sains Kharisma, A., Dewi Mulyani Pengaruh Literasi Keuangan, I., Dewi Mulyani, I., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Financial Technology terhadap Kinerja UMKM di Kabupaten Brebes (Studi Kasus Pelaku Paguyuban UMKM Remojong Brebes). JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(3), 41–52.
Nuraini, M., & Setiawan, N. (2025). Teknologi Digital dan Keuangan sebagai Pendukung Pertumbuhan UMKM Pancong Lumer di Kota Bojonegoro Digital and Financial Technology as a Support for the Growth of the Pancong Lumer MSME in Bojonegoro City. 2(1), 217–227.
Pramesti, G., Azizah, A., Purnamasari, E., Sulistiyani, E., & Widyanti, D. V. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet Shopeepay Dan Promosi Cashback Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Bangun Rekaprima, 9(1), 35. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i1.4425
Purnamasari, E. D., & Asharie, A. (2024). Digitalisasi Umkm, Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Di Era New Normal Pandemi Covid 19. Jesya, 7(1), 348–361. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1416
Riyanto, A., Dewi, A., Th, M., Yuliamir, H., & Rahayu, E. (2024). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Layanan dan Fasilitas di Hotel Berbintang Tiga Kota Semarang. 7(1), 172–178.
Sari, M., et al. (2024). Analisis pengaruh digital payment terhadap efisiensi arus kas pada UMKM makanan di kota besar. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(2), 76-88.
Wibisono, B., et al. (2024). Literasi keuangan digital dan dampaknya terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia. Jurnal Keuangan Inklusif, 6(3), 101-115.
Yudistira, A., & Prabowo, D. (2024). Transformasi digital pada UMKM: Peran fintech dalam meningkatkan daya saing usaha. Jurnal Ekonomi Digital, 8(1), 21-35.
Zaini, P. M., Zaini, P. M., Saputra, N., Penerbit, Y., Zaini, M., Lawang, K. A., & Susilo, A. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue May).
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v8i1.2650
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License