Pengaruh Media Advertisement Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelia (Studi Pada Central Celluler Aceh Tamiang)
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Advertisement dan Sales Promotion dalam meningkatkan minat masyarakat (studi pada Centra celluer Aceh tamiang). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan juga menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui pengaruh Media Advertisement dan Sales Promotion dalam meningkatkan minat masyarakat (studi pada Centra celluer Aceh tamiang)Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat beli Centra celluer Aceh tamiang sebelum dan sesudah menggunakan Media Advertisement dan Sales Promotion dapat meningkatkan minat beli masyarakat. Promosi yang dilakukan Sales dan beberapa konten menarik tentang Centra celluer Aceh tamiang digunakan untuk menambah ataupun memperluas jangkauan pembeli diluar dari Aceh Tamiang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. A. (2009). Managing brand equity. simon and schuster.
Adolph, R. (2016). Perkembangan teknologi. 2022 IEEE Symposium Series on Computational Intelligence (SSCI, 1–23.
Ali, H., & Aan Widodo. (2022). Determinasi Komunikasi Pemasaran: Analisis Iklan, Personal Selling Dan Public Relation. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 796–804. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1142
Chaffey, D. (2015). Digital marketing: Strategy, implementation, and practice. Pearson Education.
Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=OQzBDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=konten+kreator+lokal+dan+nasional+memberikan+dampak+yang+signifikan+dalam+menjangkau+audiens+yang+lebih+besar,+terutama+mereka+yang+berusia+di+bawah+35+tahun&ots=we2fG97_mm&sig=UFcrGX9-kIYndITqLMqO0KxULBY
Firmansyah, A. H. (2021). Peran Media Sosial Dalam Promosi Perpustakaan. … Dan Perpustakaan Kajian Budaya Media …, 9(1), 45-58–45–58. https://www.academia.edu/download/87331121/PROSIDING_ISU_ISU_INFORMASI_KONTEMPORER.pdf#page=28
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54–70. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1827
Kannan, P. K., & Li, H. (2017). Digital marketing: A framework, review, and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.
Koesoemaningsih, R. (2013). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan. In Media Soerjo (Vol. 13, Issue 2). Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi.
Kotler, P., & K. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Prestice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management, 14th ed., Pearson Education, Upper Saddle River, NJ.
Kurniawan, S. (2017). Memahami Marketing 4.0 dalam Konteks Ekonomi Digital. https://marketeers.com/mengenal-marketing-4-0-dalam-konteks%02ekonomi-digital/
Mahasinul Akhlak, M. L. (2021). Efektifitas Dan Efisiensi Digital Marketing Melalui Otomatisasi Instagram. Transformasi, 16(2), 60-72–60–72. https://doi.org/10.56357/jt.v16i2.221
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.
Noviani, R. (2002). Jalan tengah memahami iklan: antara realitas, representasi, dan stimulasi. Pustaka Pelajar.
Palupi, R. S., & Hendiarto, R. S. (2018). Kebijakan hutang, profitabilitas dan kebijakan dividen pada nilai perusahaan properti & real estate. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2).
Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1).
Prasetyo, A., & Dewi, S. (2021). Pengaruh Pengaruh Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk Teknologi di Kalangan Konsumen Muda di Indonesia. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 45-58.
PUTIH, R. M. (n.d.). Pengaruh Harga, Iklan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indihome di Kota Jember. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Putri, A. K. (2022). Peran media sosial dalam promosi sekolah berbasis digital marketing. Jurnal Digital Marketing Pendidikan, 5(2), 101–115.
Putu, N. D. P., & dkk. (2019). Peran Word of Mouth Memediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen, 8(9), 5442–5461. https://doi.org/10.4324/9781003125518-4
Rahmawati, A. D. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, Dan Building Construction Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2010-2013). Brawijaya University.
Razak, A. (2008). Eksistensi pakacaping: budaya ekspresi masyarakat Gowa, Sulawesi Selatan. Lanarka Publisher.
Richadinata, K. R. P., & Surya Astitiani, N. L. P. (2021). Pengaruh Iklan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Lingkungan Universitas Bali Internasional. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(2), 188. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i02.p05
Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education, 5(3), 8126–8137. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1600
Solihin, O. (2015). Terpaan Iklan Mendorong Gaya Hidup Konsumtif Masyarakat Urban. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 5(2), 41–49. https://repository.unikom.ac.id/30951/1/jurnal-4.pdf
Sugiantoro, B., Sakuri, S., & Hartono, H. (2018). Penerapan Teknologi Epoxy Wood dan Pallet Dari Limbah Kayu Sebagai Produk Kerajinan Unik Bernilai Ekonomis Tinggi Bagi Kelompok Pengrajin di Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Jurnal Surya Masyarakat, 1(1), 12. https://doi.org/10.26714/jsm.1.1.2018.12-20
Sugiyono, A., Juwita, A. R., Hastuti, Z. D., & Fitriana, I. (2019). Kajian Tekno Ekonomi Upgrading Biogas Berbasis POME Dengan Teknologi Water Scrubber. JTERA (Jurnal Teknol. Rekayasa), 4(1), 61.
Terence. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Jakarta., Promosi. Salemba Empat. Salemba Empat. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:223207629
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., Khair, H., & others. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variabel mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67–86.
Winari, A. A., & Wahyudi, S. (2016). Pengaruh trading volume activity, cash flow operation, return on assets, current ratio dan debt to equity ratio terhadap return saham pada perusahaan sektor properti dan real estate di bei periode 2010–2014. Diponegoro Journal of Management, 5(4), 241–254.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v8i1.2656
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License