Peran Dinas Pendidikan Sidikalang Kabupaten Dairi Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Program Pelatihan
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 130–149. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
Ayu, et al. (2021). Pelatihan guru dalamcpenggunaan website grammar sebagai media pembelajaran selama pandemi. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55.
Barrung, P., Limbong, M., & Sunaryo, T. (2021). Pengaruh Etos Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Kristen Tagari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4417–4428.
Budiman, A., Rohayani, H., & Nugraheni, T. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Mobile Aplikasi Edmodo Pada Guru Seni Budaya. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 947–958. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.775
Firmansyah, F., Tiro, A., & Hartini, H. (2023). Peran Budaya Kerja Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kompotensi Kinerja Guru. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(01), 10–18.
Herlina, H. (2021). Pengembangan Kompetensi dan Dampak Pengembangan Karir Guru terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 24(2), 120–132. https://doi.org/10.24832/jpnk.v24i2.234
Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199.
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita, 3(1).
Lukito, M., Hartono, B., & Lubis, M. S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru PPPK pada UPT SD Negeri 064024, Medan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(4), 2698–2707. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i4.1665
Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar : Teori dan Praktik. Kencana.
Prahara, T. O., Mujtahid, I. M., & Rosita, T. (2022). Pengaruh Supervisi dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru SD Negeri di Kecamatan Rumbai Pesisir. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 75. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.75-86.2022
Ritonga, E. F., Pohan, S., & Khairifa, F. (2023). Pelatihan Zenius Education dalam Meningkatkan Zenius Education Training in Improving Teacher Competence in Implementing E-Learning in North Sumatra. 12(2), 542–559. https://doi.org/10.31289/perspektif.v12i2.8742
Salsabila, S. I., & Hertati, D. (2022). Efektivitas Program Pelatihan Berbasis Kompetensi dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja di UPTD BLK Kabupaten Kotawaringin Timur. Perspektif, 11(4), 1360–1368. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i4.7933
Sari, D. N. (2020). Efektivitas Program Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 45–55. https://doi.org/10.21009/JIP.171.05
Utami, R. (2020). Pengaruh Pengembangan Profesional Guru terhadap Motivasi Mengajar. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 65–73. https://doi.org/10.1234/jppg.v3i2.203
Wahyuni, S. (2021). Relevansi Materi Pelatihan Guru terhadap Praktik Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(3), 210–221. https://doi.org/10.31227/jmp.v8i3.417
Werdiningsih, W. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 113–124. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.48
Widodo, H. (2020). Motivasi Guru dalam Mengikuti Pelatihan Keprofesian Berkelanjutan. Jurnal Kependidikan, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.21831/jk.v9i1.28999
Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417
Zulkarnain, Z., & Hestiningtyas, W. (2022). Evaluasi Kinerja Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Bersertifikasi Pendidik. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1180–1188. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1376
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v7i4.2663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License