Pengaruh Pengetahuan Proporsi Tubuh terhadap Hasil Belajar Menggambar Mode pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat
(1) STKIP Pangeran Antasari
(2) STKIP Pangeran Antasari
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. M. (2017). Kreativitas guru menggunakan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 225–238.
Alya Dinnia, G. (2024). Pengaplikasian Environmental-Friendly Material dan Motif Bunga Lotus Gaya Batik Lasem pada Busana Kasual. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Andika, E. C. (2018). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI WOODEN ART MANNEQUIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKETSA DAN GAMBAR MATERI PROPORSI GAMBAR TUBUH MANUSIA PADA SISWA KELAS X SMK JURUSAN ANIMASI. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).
Apriliyani, R. (2024). Kesulitan Belajar Menggambar Proporsi Tubuh Wanita Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Ilustrasi Mode Pada Mahasiswa Desain Fashion Universitas Ngudi Waluyo. DEFA: Design, Education, Fashion and Art Journal, 1(1).
Ayu, S. S. (2023). Pengaruh Nutrition Mobile Learning (NML) Berbasis Website Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Dan Perubahan Perilaku Dalam Pemilihanmakanan Jajanan Di Sekolah MTS Alkhairat Pelawa. Universitas Widya Nusantara.
Bloom, B. S. (2010). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.
Bruner, J. S. (1974). Toward a theory of instruction. Harvard university press.
Cole, M., & SCRIBNER, S. (1978). Vygotsky, Lev S.(1978): Mind in Society. The Development of Higher Psychological Processes.
Endrayanto, H. Y. S., & Harumurti, Y. W. (2014). Penilaian belajar siswa di sekolah. PT Kanisius.
Feldman, E. B. (1994). Practical art criticism. (No Title).
Himayaturohmah, E. (2019). Penguasaan materi media pembelajaran dalam upaya menyiapkan guru yang mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(01), 10–21.
Moh, S. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 7.
Ningsih, R. W. (2012). PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT PROPORSI TUBUH WANITA MELALUI METODE LATIHAN REPETITION DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X DI SMK TUGU NASIONAL CAWAS KLATEN.
Nurhayani, N., Asiri, F. R., Simarmata, R., & Barella, Y. (2024). Strategi Belajar Mengajar. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 255–266.
Ocvirk, O. G. (1968). Art fundamentals: Theory and practice. (No Title).
Rakhman, P. A., Salsyabila, A., Nuramalia, N., & Gustiani, P. E. (2024). Meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Cilampang melalui media pembelajaran digital dan konvensional. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(2), 615–622.
RINANDA, N. A. (2017). PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH MANUSIA. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.
Syarifuddin, A. (2011). Penerapan model pembelajaran cooperative belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(01), 113–136.
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24.
Yasa, I. W. A. P., Putra, R. W., Kurniawan, H., Ruslan, A., Muhdaliha, B., Suryani, R. I., Dwitasari, P., Jayanegara, I. N., Mustikadara, I. S., & Asia, S. N. (2024). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Perkembangannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
ZANJABILA, P. S. (2025). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif Kelas X Smk Program Keahlian Teknik Otomotif Se-Jakarta Barat. Universitas Negeri Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v8i2.2855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License