The influence of self-efficacy on learning outcomes mathematics: Mediated motivation to learn mathematics
(1) Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, West Nusa Tenggara, Indonesia, 83116
(2) Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, West Nusa Tenggara, Indonesia, 83116
(3) Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, West Nusa Tenggara, Indonesia, 83116
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan uji kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.29303/emj.v6i1.131
Amaliyah, F., Hermawan, J. S., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5482–5490. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9967
Aryanti, Y. D., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh efikasi diri, perhatian orang tua, iklim kelas dan kreativitas mengajar terhadap motivasi belajar siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 243–260. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37169
Bandura. (2020). Self-efficacy. In The Wiley encyclopedia of personality and individual differences. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 387–391. https://doi.org/10.1002/9781118970843.ch243
Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 127–133. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/329922686
Dianty, M. P., Aini, I. N., & Zuliana, E. (2025). Permainan pohon peneguran dalam pendekatan PMRI materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 9(1), 169–174. Retrieved from: https://sejurnal.com/pub/index.php/jikm/article/view/6286
Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Agusta, H. G. P., Yusuf, F. M., Subroto, D. E., Lisarani, V., Ramadhani, M. I., Larekeng, S. H., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi pembelajaran abad 21. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Majdina, N. I., Pratikno, B., & Tripena, A. (2024). Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Bernoulli dan Slovin: Konsep dan aplikasinya. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 16(1), 73–83. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2024.16.1.11230
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109–118. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Muharomi, L. T., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 45–64. https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i2.174
Novianti, C., & Sadipun, B. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Nugraha, Y., Sujadi, I., & Pangadi, P. (2016). Penalaran proporsional siswa kelas VII. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 34–48. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.2
Nugroho, W. (2022). Persepsi siswa terhadap kompetensi calon guru matematika pada praktik magang blended learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 250–260. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p250-260
Nurhayati, S., & Sugilar. (2023). Self-efficacy scales in online learning: Construction and validation. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 6(1), 133–140. https://doi.org/10.23887/jp2.v6i1.53932
Nurjanah, E. L., & Aplilianti, R. (2022). Meningkatkan kemandirian dan motivasi belajar anak usia dini melalui pemberian reward cap bintang. Jurnal Edukasi Generasi Emas, 1(1), 40–41. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jege
Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect of problem-based learning (PBL) models on motivation and learning outcomes in learning civic education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401–410. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565
Rachmawati, N. S. A., & Nurlaili, E. I. (2024). Hubungan self-efficacy akademik dan motivasi akademik terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(2), 297–307. https://doi.org/10.26740/jupe.v12n2.p297
Rangkuti, N. T. (2021). Pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 283–293. Retrieved from: https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/415
Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif. UKI Press.
Sugiyono, S. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Revisi ke-23). Alfabeta.
Suryaningsih, I., & Rahim, R. A. (2019). Efektivitas pelatihan efikasi diri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Kab. Gowa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 85–91. Retrieved from: https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/401
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121
Taufik, T., & Komar, N. (2022). Hubungan self-efficacy terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa di sekolah. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 183–200. https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i2.220
Umaroh, S., Yuhana, Y., & Hendrayana, A. (2020). Pengaruh self-efficacy dan kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Utami, R. W. (2020). Pendampingan pembelajaran matematika materi operasi perkalian bagi siswa SD kelas II SDN 42 Palembang. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.4642
Vetter T. R. (2017). Descriptive statistics: Reporting the answers to the 5 basic questions of who, what, why, when, where, and a sixth, so what?. Anesthesia and analgesia, 125(5), 1797–1802. https://doi.org/10.1213/ANE.0000000000002471
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v6i1.2629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center