Perbandingan Antara Katalog Offline dan Katalog Online dalam Meningkatkan Efektifitas Penjualan Produk di Perusahaan PT. Jaya Anugrah Sukses Abadi (Brastagi Supermarket) dalam Memasarkan Produk
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan antara katalog offline dan katalog online dalam meningkatkan efektifitas penjualan produk di perusahaan PT Jaya Anugrah Sukses Abadi Dalam Memasarkan Produk. Subjek penelitian ini adalah konsumen pada PT Jaya Anugrah Sukses Abadi sebanyak 30 responden. Dengan metode pengumpulan data yang menggunakan observasi dan kuesioner. Dengan menggunakan uji validitas dan realibilitas sebagai alat uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial (t- test) dan simultan (f-test) dan koefisien determinasi (R2 ) digunakan untuk mendapatkan hasil data yang akurat guna menarik kesimpulan. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan antara katalog offline dan katalog online dalam meningkatkan efektifitas penjualan produk di perusahaan PT Jaya Anugrah Sukses Abadi berpengaruh positif terhadap efektifitas Dan berpengaruh secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifia, F. T., Wardhani, N. I. K., & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Pada Online Store Sociolla. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 909–917. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1331
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (n.d.). Retrieved May 19, 2025, from https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Aufa, Q. (2019). Efektivitass Metode Pemasaran Secara Online dan Offline Terhadap Hasil Penjualan. Walisongo. https://eprints.walisongo.ac.id/12573/1/skripsi_132411008_Qomarudin%20Aufa.pdf
Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2020). Pengaruh Digital Marketing terhadap Online Purchase Decision pada Platform Belanja Online Shopee. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152.
Botha, J., Bothma, C. H., & Geldenhuys, P. (2008). Managing E-commerce in Business. Juta and Company Ltd.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gupta, A. (2014). E-Commerce: Role of E-Commerce in today’s business. International Journal of Computing and Corporate Research, 4(1), 1–8.
Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02
Jana, G., Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, D., & Timur, J. (2022). PERBANDINGAN KINERJA USAHA DALAM SISTEM PEMASARAN ONLINE DAN OFFLINE PADA KOMODITAS SAYURAN ORGANIK. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 625 – 634–625 – 634. https://doi.org/10.34308/EQIEN.V11I02.673
Lin, Y. (n.d.). E-urbanism: E-commerce, migration, and the transformation of Taobao villages in urban China. Cities, 91, 202–212.
Mantri, B. H. (2007). Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi e-commerce.
Moelrine, A. F., & Syarif, R. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Karakteristik Kewirausahaan dan Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan UMKM Desa Bojong Kulur. JURNAL IKRAITH-EKONOMIKA, 6(1), 127–137.
Mustajibah, T., & Trilaksana, A. (2021). Dinamika E-Commerce di Indonesia Tahun 1999-2015. AVATARA, E-Journal Pendidikan Sejarah, 10(3), 1–9.
Norhermaya, Y., & Soesanto, H. (n.d.). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Studi Pada Online Store Lazada.co.id. Journal of Management,5(3),1-13.
Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish.
Sari, F. V., & Wibowo, A. (2019). Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd.Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi. Jurnal SIMETRIS, 10(2), 681–686.
Shafitri, Kamase, Suriyanti, & Dewi. (2023). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Shafitri%2C+Kamase%2C+Suriyanti%2C+%26+Dewi+%282023%29+&btnG=
Shafitri, W., Kamase, J., Suriyanti, & Dewi, R. (2023). Analisis Perbandingan Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Melalui Online Shop dan Offline Store. Center of Economic Students Journal, 6(2), 127–140. https://doi.org/10.56750/csej.v6i2.578
Sugiyono. (2000). Metode Penelitian Administrasi.
Welang, A., & Laloan, T. (2023). Analisa Sistem Penjualan Online dan Offline Toko Weltu Emas Meubel. Jurnal Entrebis, 1(1). https://jurnal.parnaraya.ac.id/index.php/ebis/article/view/146
Wijaya, H., Patahuddin, A., Aqbar, K., & Hasmudin, W. K. (2021a). Hukum jual beli online dengan sistem pre order dalam perspektif hukum islam (Studi Kasus Toko Online Nashrah Store). BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 2(2), 251–270.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v8i1.2634
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License