The effect of the numbered heads together cooperative learning model on students’ mathematical understanding in statistic
(1) Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, West Nusa Tenggara, Indonesia, 83116
(2) Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, West Nusa Tenggara, Indonesia, 83116
(3) Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, West Nusa Tenggara, Indonesia, 83116
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, A. (2019). Pengaruh pembelajaran kooperatif learning tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika kelas III MIN 3 Metro Pusat [Undergraduate thesis, IAIN Metro]. Repository IAIN Metro. Retrieved from: https://repository.metrouniv.ac.id
Anwar, K., Sasongko, T. A., Widodo, S. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 790–794. Retrieved from: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2419
Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor penyebab rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46–51. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538
Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematika siwa ditinjau dari konsentrasi belajar pada materi statistika dasar. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 215–224. Retrieved from: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/6543
Fatimah, S., & Syamsudin, S. (2021). Model pembelajaran numbered head together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4(1), 38–54. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.684
Hermawan, V., Anggiana, A. D., & Septianti, S. (2021). Analisis kemampuan pemahaman matematis melalui model pembelajaran student achievemen divisons (STAD). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(1), 71–81. https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i1.4126
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37–44. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Hikmah, R. (2017). Penerapan Model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 271–280. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1204
Imam, H., Hikmawati, H., Kosim, K., & Taufik, M. . (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas x sman 1 sanggar tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(SpecialIssue), 58–66. https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3715
Khoerunnisa, A., & Hidayati, N. (2022). Analisis kemampuan pemahaman matematis. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.180
Khoiriyah, S. (2018). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe nht dalam pembelajaran matematika. JURNAL E-DuMath, 4(2), 30–35. https://doi.org/10.26638/je.754.2064
Kusnaeni, D., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Model pembelajaran numbered head together untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1017–1023. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4780
Lestari, B. T. (2015). Penerapan metode NHT pada pembelajaran materi makna dan langkah retorika dalam essay pendek. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(5), 60–65. Retrieved from: https://i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/322/322
Linawati, L. (2020). Penerapan model cooperative learning tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas IV MI NW Johar Pelita tahun pelajaran 2020/2021 [Undergraduate thesis, UIN Mataram]. Repository UIN Mataram. Retrieved from: https://etheses.uinmataram.ac.id/2343/
Manafe, M. H., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2022). Prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran model kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Jurnal Basicedu, 6(3), 3279–3284. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2544
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144. Retrieved from: https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6818
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D., & Fishbein, B. (2020). TIMSS 2019 international results in mathematics and science. Boston, USA: TIMSS & PIRLS International Study Center. Retrieved from: http://timssandpirls.bc.edu/timss2019/international-results/
Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi bentuk aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.506
OECD. (2023). PISA 2022 assessment and analytical framework, PISA. OECD Publishing.
Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2020). Model pembelajaran number head together (NHT) pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165–177. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542
Putri, D. H., & Jamaan, E. Z. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 9(3), 27–31. Retrieved from: https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/10489
Safari, Y., & Nurhida, P. (2024). Pentingnya pemahaman konsep dasar matematika dalam pembelajaran matematika. Karimah Tauhid, 3(9), 9817–9824. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14625
Sandratari, A., & Bahfen, M. (2024). Strategi mengatasi siswa yang tidak aktif di kelas melalui presentasi. Prosiding SEMNASFIP, 2600–2608. Retrieved from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/24069
Septrijiwati, I. W., Murdiana, I. N., & Paloloang, B. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 2 Tolitoli pada materi penjumlahan dan pengurangan sampai 20 dalam bentuk soal cerita. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(3), 4–56.
Suarni, I., Hasbi, M., & Idris, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered heads together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas VIIIA SMP Negeri 13 Sigi. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(3), 343–353. Retrieved from https://jurnalfkipuntad.com/index.php/jpmt/article/view/428
Sugiyono, S. (2019). Metodelogi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Suhailah, R., Yusuf, N. F., & Nur, A. M. (2025). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi bilangan cacah melalui penerapan model pembelajaran NHT. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 28–32. https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.3394
Wardhani, S. S. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.23969/pjme.v7i1.2699
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v6i1.2599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center