Ritual Dalang Topeng Kelana Bandopati di Cirebon sebagai Panggung Transendental
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji ritual Tari Topeng Kelana Bandopati yang diselenggarakan di Sanggar Purwa Kencana, Cirebon. Masalah difokuskan pada ritual yang dilakukan oleh dalang Topeng Kelana Bandopati serta makna yang terkandung dalam setiap pertunjukan. Tarian ini ditandai dengan gerakan energik, yang menjadi salah satu ciri khas dari Tari Topeng Kelana Bandopati, diantaranya adalah gerakan galeong, gantung sikil, dan pasang naga seser yang mengandung makna ritual yang mendalam. Tari Topeng Kelana Bandopati tidak sekadar dipahami sebagai sebuah pertunjukan seni, melainkan juga sebagai sebuah ritual yang menjembatani dunia fisik dan spiritual, serta menciptakan pengalaman transendental bagi penari, pengrawit dan penontonnya. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan meliputi teori simbolisme dalam pertunjukan, teori gerak dalam tari, dan teori spiritualitas dalam seni ritual. Melalui pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini mengkaji dimensi simbolik, filosofis, serta sosial dari ritual tari tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ritual ini berperan sebagai pemelihara nilai budaya Cirebon, serta dalam mempertahankan identitas budaya di tengah dinamika perkembangan zaman yang akan tetap terlindungi meskipun di masa modern. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Topeng Kelana Bandopati berfungsi sebagai sarana untuk mencapai kedamaian batin dan pemahaman spiritual bagi masyarakat Cirebon maupun luar Cirebon.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anoegrajekti, N. (2017). OPTIMALISASI SENI PERTUNJUKAN: KONTESTASI NEGARA, PASAR, DAN AGAMA. https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/79309
Asmara, D. M., Erlinda, E., & Martion, M. (2021). Ritus ayoa, dalam tari aseak bebuak kerinci. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 5(2), 280–299. https://doi.org/10.22437/titian.v5i2.14351
Augina, A., Program, M., Ilmu, S., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Kesehatan, I., Jambi, U., Letjend, J., No, S., 33, T., & Pura, J. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/JIKM.V12I3.102
Bagus, G., & Denpasar, S. (2022). Mass Mask Drama Dance Performance A Ritual Art Stretch at Besakih Temple during the Covid-19 Pandemic. VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama , 8(1), 9–20. https://doi.org/10.25078/VS.V8I1.1038
Bugis, B., Dalam, ", Maulid, P., Studi, :, Hadis, L., Masyarakat, D., Muttaqin, A., Al-Junaidiyah Bone, A. P., & Selatan, S. (2016). “Barzanji Bugis” dalam Peringatan Maulid: Studi Living Hadis di Masyarakat Bugis, Soppeng, Sul-Sel. Jurnal Living Hadis, 1(1), 129–150. https://doi.org/10.14421/LIVINGHADIS.2016.1071
Diva Fahlevi Yahdi, E., Rahmawati, F., Kasmahidayat, Y., Studi Pendidikan Seni Tari Fakultas Sosial dan Humaniora, P., & Seni Tari, P. (2024). Elvira dan Fitri GAMBARAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM TARI TOPENG CIREBON GAYA LOSARI. TANDIK: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33654/TDK.V4I1.2573
Hamidah, D. N. (2011). PENGARUH TAREKAT PADA TOPENG CIREBON. 12, 41.
Islami, M. E. N., & Ikhsanudin, M. (2014). Simbol dan Makna Ritual Yaqowiyu di Jatinom Klaten. Media Wisata, 12(2). https://doi.org/10.36276/MWS.V12I2.211
Kodir, A. (2022). Peran Masyarakat Dalam Melestarikan Kesenian Tari Topeng Sebagai Upaya Menjaga Budaya Lokal di Desa. Pekandangan Kec. Indramayu Kab. Indramayu. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/63998
MAKNA RITUS DALAM TARI TOPENG CIREBON. (n.d.).
Masa Depan Tuhan: Sanggahan terhadap Fundementalisme dan Atheisme - Karen Armstrong - Google Buku. (n.d.). Retrieved March 26, 2025, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=6ub9AwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT3&dq=Pelepasan+topeng+ini+tidak+hanya+sekadar+fisik,+tetapi+juga+melibatkan+proses+mental+dan+spiritual+yang+mendalam,+yang+mempengaruhi+keseimbangan+psikologis+dan+emosional+penari&ots=ZxkcVdeIMj&sig=1cUyBd4p9TZ9_J6JlUl85gzjEIU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Miroto, M. (2022). Dramaturgi Tari. 90.
Nurasih Jurusan Seni Tari, N., Seni Pertunjukan, F., & Bandung Jln Buah Batu No, I. (2020). PERTUNJUKAN TOPENG DALAM UPACARA NGUNJUNG BUYUT KI LIMAS. Jurnal Seni Makalangan, 7(1). https://doi.org/10.26742/MKLNG.V7I1.1289
Nurhidayah, Y. (2017). Revitalisasi Kesenian Tari Topeng sebagai Media Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1), 21–52. https://doi.org/10.15575/IDAJHS.V11I1.1526
Parlina, F. I., Warlizasusi, J., & Ifnaldi, I. (2022). Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Madrasah Di MI 04 Rejang Lebong. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1291–1304. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1229
PENGALAMAN MAGIS DAN NILAI SPIRITUAL PADA SENI TARI SINTREN DI DESA GINTUNGREJA KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP. (n.d.).
Qadar Basrii, S., Kartika Sari, E., & Qadar Basri, S. (2019). TARI REMO (NGREMONG): SEBUAH ANALISIS TEORI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TENTANG MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI DALAM TARI REMO (NGREMONG). GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(1), 55–69. https://doi.org/10.26740/GETER.V2N1.P55-69
Rosiana, F. F., & Arsih, U. (2021). Makna Simbolik Tari Topeng Tumenggung Gaya Slangit Cirebon. Jurnal Seni Tari, 10(1), 1–14. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst
Schechner, R., & Brady, S. (n.d.). PERFORMANCE STUDIES An introduction Third edition.
Seni Budaya Jawa dan Karawitan - Arina Restian, Belinda Dewi Regina, Danang Wijoyanto - Google Buku. (n.d.). Retrieved March 26, 2025, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=inNrEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Pertunjukan+seni+pertunjukan+dapat+dianggap+sebagai+dialog+antara+penari+dan+penonton,+di+mana+refleksi+terhadap+respons+penonton+menjadi+bagian+dari+proses+penemuan+diri+bagi+penari.&ots=SlCRaEPToV&sig=oolydfbRYYU4TnAiBSO82ieHjtk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Seni, J., Desain, D., Pembelajarannya, S., Ganda, N., Program, P., Desain, S., & Visual, K. (2019). Reaktualisasi Budaya Ngarot dalam Seni Pertunjukan Tradisional di Desa Lelea Kabupaten Indramayu. Irama: Jurnal Seni, Desain Dan Pembelajarannya, 1(2), 77–86. https://doi.org/10.17509/IRAMA.V1I2.21900
Seni Reog Naluri Brijolor - Ifa Wuryanto, S.Sn - Google Buku. (n.d.). Retrieved March 26, 2025, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=F2ucEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Ucapan+terima+kasih+dalam+ritual+pasca-pertunjukan+&ots=9JGO-2Ml69&sig=vXhuEHuYV-9O_Fw4yxMDSpAtOaE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sinta, T., Hidayani, N. I., & Lanjari, R. (2019). Analisis Gaya Slangit Tari Topeng Tumenggung di Desa Slangit Cirebon. Jurnal Seni Tari, 8(1), 21–30. https://doi.org/10.15294/JST.V8I1.30749
Sinta, T., Simbolik Pertunjukan Tari Topeng Klana Cirebon Gaya Palimanan Tio Martino, M., & Jazuli, M. (2019). Makna Simbolik Pertunjukan Tari Topeng Klana Cirebon Gaya Palimanan. Jurnal Seni Tari, 8(2), 161–175. https://doi.org/10.15294/JST.V8I2.30688
Turner, B. S. . (2008). The Body and Society : Explorations in Social Theory. 1–296.
Turner With Foreword by Roger Abrahams M, V. O., & ? ALDINE GRUYTER New York, ? DE. (n.d.). The Ritual Process Structure and Anti-Structure.
Udilawaty, S., & Hunowu, R. P. S. (2022). Transformation Of The Traditional Dance Choreography Of Molapi Saronde Gorontalo. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(1), 95–104. https://doi.org/10.51903/PIXEL.V15I1.726
View of TOPENG BABAKAN CIREBON 1900-1990. (n.d.). Retrieved March 24, 2025, from https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/greget/article/view/2425/2236
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v7i4.2667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License